Pages

Kamis, 11 Desember 2014

Manajemen memori

Sebelum kita bicara tentang memori ada baiknya kita flashback sebentar. masih ingat dengan uniprogramming dan multiprogramming? apa perbedaannya?

Pada Uniprogramming hanya satu job yang diproses pada satu waktu dan semua resource sistem tersedia secara eksklusif sampai job terselesaikan, ini berarti memori dibagi jadi 2, untuk Kernel/OS dan program yang sedang dieksekusi. Untuk lebih jelasnya perhatikan ilustrasi berikut






Sedangkan di multiprogramming dimana beberapa job disimpan dalam memori dalam satu waktu; maka memori harus dibagi untuk setiap program yang ingin berjalan. Untuk lebih jelasnya perhatikan 





ada 5 hal yang harus diperhatikan dalam manajemen memori, yaitu:


1. Relokasi.
Adalah masalah penempatan proses sesuai alamat fisik sehubungan alamat partisi memori dimana proses ditempatkan. Proses dapat ditempatkan pada  partisi-partisi berbeda menurut keadaan sistem saat itu. Pengalamatan  fisik secara absolut untuk proses tidak dapat dilakukan.


2. Proteksi
OS yang bagus harus bisa memproteksi memori agar tidak sembarang program bisa mengakses alamat memori yang mungkin sedang digunakan oleh program lain. Hal ini bertujuan untuk menghindari race condition


3. Sharing
Meskipun memori untuk proses yang berbeda biasanya dilindungi dari satu sama lain, kadang-kadang perlu proses yang berbeda untuk dapat berbagi informasi dan akses yang sama karena itu bagian dari memori. Shared memory adalah salah satu teknik tercepat untuk Inter-proses komunikasi.

4. Logical Organization
Program sering diatur dalam modul. Beberapa modul ini dapat dibagi antara program yang berbeda, ada yang hanya membaca dan beberapa berisi data yang dapat diubah. Manajemen memori bertanggung jawab untuk menangani pengaturan alamat logika yang berbeda dari fisik ruang alamat linier. Salah satu cara untuk mengatur organisasi ini adalah segmentasi.

5. Physical Organization
 Memori biasanya dibagi menjadi cepat dan lambat penyimpanan utama penyimpanan sekunder. Memori manajemen pada sistem operasi bergerak menangani informasi antara kedua tingkat memori.


Memory Partion
Prinsip utama pada memory partition adalah membawa proses sebanyak2nya ke main memory agar dapat dieksekusi oleh prosesor

ada dua jenis partition, Fixed dan Dynamic

Fixed Partitioning

memori dibagi dalam sejumlahpartisi tetap dan setiap partisi berisi tepat satu proses. Jumlahpartisi terbatas pada tingkat multiprogramming. Digunakan oleh IBM OS/360 yang disebut Multiprogramming with a Fixed number of Task (MFT)

Dynamic Partitioning

MFT yang digeneralisasiyang disebut Multiprogramming with a Variable number of Tasks (MVT). Skema ini digunakan terutama pada lingkungan batch.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan di komen ya, blog ini adalah dofollow, jadi kalau kamu ninggalin komentar blog ini otomatis memberi backlink ke kamu :)

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak :)