Pages

Senin, 23 Mei 2016

KERANGKA ACUAN KERJA (KAK) SISTEM INFORMASI BODY CARE

   Perkembangan teknologi informasi saat ini sudah menjadi urat nadi bisnis setiap perusahaan,
yang tidak saja hanya sekedar pendukung proses bisnis perusahaan tetapi lebih dari itu ialah
memegang peranan penting untuk mendrive proses bisnis suatu perusahaan.
      Sistem Informasi Xyz Body Care adalah salah satu dari aplikasi Teknologi Informasi yang merupakan sebuah aplikasi strategi bisnis untuk memilih dan menjaga customer agar dapat mengoptimalkan nilai jangka panjang yangmana membutuhkan filosofi customer centric business dan budaya untuk mendukung efektifitas marketing, sales dan proses servis. Xyz Body Care adalah one stop shopping untuk perawatan tubuh pria. yang memiliki 3 pusat perawatan tubuh di Jakarta, 1 di Bandung, dan 1 di Surabaya. Layanan pada Xyz Body Care ini tidak hanya sekedar layanan pangkas rambut semata, melainkan juga creambath, facial, massage, predicure dan manicure. Dalam melakukan proses bisnisnya sering ditemukan masalah misalnya para bodycare consultant di Xyz Body Care sangat sulit untuk proaktif mengingatkan pelanggannya. Mereka tidak memiliki informasi yang memuat jadwal lengkap mengenai riwayat perawatan tubuh seorang pelanggan tertentu. Bahkan, jika si pelanggan sudah sampai ke tempat Xyz Body Care, Kadang-kadang para bodycare consultant harus bertanya kembali mengenai perawatan yang akan dilakukan, perawatan apa yang pernah dilakukan sebelumnya, kapan dilakukan, produk-produk apa saja yang dipergunakan dan sebagainya.
       Untuk memberikan solusi tersebut diatas maka pihak manajemen Xyz Body Care seharusnya memiliki informasi yang memuat jadwal lengkap mengenai riwayat perawatan tubuh seorang pelanggan tertentu, informasi produk-produk yang pernah digunakan dan riwayat jumlah belanja para pelanggannya hal tersebut dapat meningkatkan pelayanan yang diberikan oleh Xyz Body Care kepada pelanggannya lebih profesional, dan proaktif.

MAKSUD DAN TUJUAN


 1. Dapat menyimpan filosofi customer centric business

 2. Memperbaiki transparansi informasi yang up-to-date
 3. Memperbaiki tingkat efisiensi proses pendataan
 4. Mendukung proses pendataan yang up-to-date
 5. Memenuhi kebutuhan akses informasi yang real time
 6. Meningkatkan efektivitas marketing, sales dan proses servis
7. Efisiensi media dan ruang yg digunakan untuk penyimpana  data konsumen
8. Meningkatkan kemampuan pengelolaan data transaksi an follow up meliputi kerincian data, keamanan data, kelengkapan data, kerahasiaan data dan cara-cara input dan pengambilan data.
9. Menjamin ketelitian kebenaran, hubungan dan kesesuaian data
10. Kemudahan pengelolaan dan pemanfaatan data

      Dengan penerapan SI khusus yang baik dan tepat, maka pengelolaan data-data transaksi dapat 
   menjadi sangat mudah tanpa harus meninggalkan faktor keamanannya. Dengan cara ini, pihak- 
    pihak yang berkepentingan dan berwenang terhadap data tinggal menghidupkan komputernya, lalu 
    menggunakan program SI yang ada untuk mengelola data-data tersebut.

SASARAN


Tersedianya aplikasi Customer Relationship Management untuk Xyz Body Care sehingga dapat mendukung pelaksanaan dan fungsi institusi Xyz Body Care


NAMA


Xyz Body Care

1 di Jakarta, 1 di Surabaya dan 1 di Bandung

Sumber Pendanaan

Penyusunan biaya dibagi menjadi kelompok-kelompok tenaga kerja, pembelian alat dan penyewaan alat.

Biaya Tenaga Kerja               : Rp 23.000.000,-

Biaya untuk Pembelian Alat  : Rp 28.700.000,-
Biaya Sewa Alat                     : Rp 6.300.000,-
----------------------------------------------------------------
Total                                      : Rp 58.000.000,-



    LINGKUP, LOKASI, FASILITAS DAN ALIH PENGETAHUAN
    
              a. Lingkup Kegiatan
                              o Mengatur data-data berikut:
                                           1. Data Konsumen
                                           2. Data Transaksi
                                           3. Data Aplikasi Konsumen
                                           4. Data Perawatan
                                           5. Data Produk
                                           6. Data Billing
                                           7. Data Dokumen Perusahaan seperti surat izin usaha, surat  

                               o Yang termasuk bagian-bagian sistem
                                            1. Administrator
                                                       Orang yang sangat mengetahui kerja sistem secara keseluruhan, 
                                                       bertanggung jawab atas keberjalanan sistem, pengatur sistem 
                                                       keamanan dan perawatan data dengan mengatur hak akses sistem, dan                                                    satu-satunya orang yang bertanggung jawab jika terjadi kecurangan                                                        pengaksesan data oleh yang tidak berhak.
                                           2. User
                                                       Orang yang menggunakan aplikasi ini
                                           3. Manajer
                                                       Orang yang memiliki hak untuk mengijinkan aset apapun dibawa                                                          keluar dan perangkat yang boleh dihubungkan ke jaringan sistem
                               
                                 o Yang termasuk keluaran sistem
                                           1. Daftar nama konsumen
                                           2. Daftar nama produk
                                           3. Daftar informasi riwayat perawatan tubuh konsumen
                                           4. Daftar jadwal perawatan
                                           5. Daftar produk yang pernah digunakan oleh konsumen (cat rambut, facial                                              cream, shampoo)
                                           6. Daftar informasi total biaya yang dihabiskan oleh seorang konsumen di Xys                                          Body Care selama 1 bulan

                                 o Dokumentasi lengkap
                                          1. User Requirement,
2. User Interface,
3. Migrasi data,
4. Testing (Case Test, Unit Test, Integration Test, Acceptance Test)
5. Database Dictionary,
6. Database Security,
7. Security Level,
8. Form Input/Output,
9. Source Code yang dapat dipahami dengan mudah oleh pengguna jasa.
10. User Manual
                                 
                                o Peralatan Operasional
                                           1, Perangkat Keras
                                                      a. PC (1 Unit untuk Server)                    : untuk database server
                                                      b. PC client (2 Unit untuk Terminal)     : sebagai host
                                                      c. HP Laser Jet Printer (1 Unit)             : Operasional cetakan
                                           2. Perangkat Lunak
                                                      a. Ms SQLServer 2000              : untuk database server
                                                      b. Ms Visual Basic 6.0              : untuk pengembangan aplikasi
                                                      c. Crystal Report 8.0                 : untuk generate laporan
                                                      d. External harddisk (2 unit)     : sebagai backup storage                
                                           3. LAN
                                                      a. Switch 8 port (1 Unit)            : untuk membagi ke host
                                                      b. Network peripheral               : untuk pendukung LAN

                                           4. Sistem Operasi
                                                      a. Sistem Operasi Server Ms Windows Server 2000
                                                      b. Sistem Operasi Client Windows XP

                                  o Lokasi Kegiatan
                                               Central Cikini Building, Jl. Cikini Raya 58 ST, Jakarta Pusat 10330 Indonesia
                                   
                                  o Data dan Fasilitas Penunjang
                                         -Penyediaan oleh pengguna jasa
                                               1. Laporan dan Data Panitia
                                               2. Akomodasi dan Ruangan Kantor
- Ruangan dan Hotspot
     3. Staf Pengawas/Pendamping
- 2 (dua) orang counterpart
     4. Fasilitas yang disediakan oleh pengguna jasa yang dapat digunakan oleh                  penyedia jasa (bila ada).

- Penyediaan oleh penyedia jasa
         Penyedia jasa harus menyediakan dan memelihara semua fasilitas dan                      peralatan yang dipergunakan untuk kelancaran pelaksanaan pekerjaan.
1. Meja
2. Personal Computer atau laptop/note book
3. Staff


- Penyediaan SDM
      1. System Analist 3 orang
2. Programmer 3 orang
3. Tester 2 orang
4. Teknisi 1 orang

        -  Alih Pengetahuan
Penyedia jasa harus mengadakan pelatihan dan memberikan pendidikan terkait dengan substansi pelaksanaan pekerjaan dalam rangka alih pengetahuan kepada staf/tim teknis di Xyz Body Care. Mungkin saja untuk mengisi kekosongan untuk posisi khusus seperti operator komputer dapat menerima pegawai baru yang memiliki kemampuan di bidang komputer


METODOLOGI

Metodologi dan Pengamatan yang digunakan untuk pembangunan sistem yaitu dengan memperhatikan kebutuhan pengguna, baik dari sisi konsumer maupun analist dan karyawan.


JANGKA WAKTU PELAKSANAAN

Waktu pengerjaan adalah 28 hari

  

 DAFTAR PUSTAKA
[1] Chan K.C., Ong, Peter, Indrajit, Eko, 2005. Integarted Project Management, Jogyakarta: Andi Offset.
[2] Jogiyanto HM, 2000. Analisa dan Disain Sistem Informasi, Jogyakarta: Andi Offset.
[3] Marchewka, Jack, 2006. Information Technology Project Management, USA:
Hamilton.
[4] Parker, Marilyn, 1988. Information Economics, New Jersey: Prentice-hall.
[5] Westerman, Goerge, Hunter, Richard, 2007. IT Risk, Turing Business Threats in to
Competitive Advantage, Boston: Harvard.
[6] Wijaya, Amin, 2009. Pokok-Pokok Manajemen Risiko, Jakarta: Harvarindo.


REFERENSI

 http://intip.in/SIBodyCare 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan di komen ya, blog ini adalah dofollow, jadi kalau kamu ninggalin komentar blog ini otomatis memberi backlink ke kamu :)

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak :)